Sejarah dan Perkembangan Komputer


Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.

Istilah Komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik.

Menurut para ahli sejarah, alat hitung pertama kali yang dibuat oleh manusia adalah Abacus atau sering disebut Sipoa yang ditemukan 25 ribu tahun silam oleh bangsa China, dan hingga saat ini masih digunakan. Berbeda lagi dengan bangsa Peru dan China yang menggunakan quipus yang berupa tali simpul. Disetiap simpulnya melambangkan suatu bilangan tertentu. Kemudian, setelah tahun 1642, di Perancis, Blair Pascal sukses menciptakan mesin hitung yang hanya bisa digunakan untuk melakukan operasi hitung penjumlahan saja, dan diberi nama Adding Machine, sampai kemudian disempurnakan oleh Von Leibnitz untuk mengerjakan operasi matematic yang lainnya di tahun 1673.

Setelah ditemukannya listrik oleh M. Faraday, lalu munculah era komputer elektronik, sehingga mulai berkembang alat yang menggunakan tenaga listrik, termasuk komputer. Pada tahun 1942 John Atanasoff dari AS adalah orang pertama yang merancang komputer elektronik dan sampai saat ini pun masih terus berkembang.

Perkembangan komputer hingga saat ini sudah memasuki komputer generasi kelima. Berikut sejarah komputer dari generasi ke generasi :

1. Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaanya serta belum dapat memperoses masalah-masalah yang rumit.


Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas. Ciri-cirinya adalah:
  • Komponen utamanya menggunakan lampu tabung.
  • Ukuran fisik komputer yang terlalu besar sehingga memerlukan tempat yang sangat luas
  • Membutuhkan alat pendingin yang cukup banyak karena cepat panas.
  • Boros listrik.
  • Prosesnya relatif masih lambat.
  • Ketepatan hasil prosesnya rendah.
  • Kapasitas data kecil.
  • Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
  • Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Ditemukannya transistor-transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. Tube vakum terganti oleh transistor pada radio, televisi dan komputer. hal ini menyebabkan ukuran mesin-mesin elektrik diperkecil, karena penggunaan tabung telah digantikan oleh transistor.


Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama. Contoh komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094. Komputer generasi kedua ini memiliki ciri-ciri :
  • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN,COBOL, ALGOL.
  • Kapasitas memori utama sudah lumayan besar.
  • Sirkutinya adalah transistor.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama.
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik.
  • Berorientasi pada bisnis dan teknik.
  • Proses operasi sudah cepat
3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1980)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, komputer generasi ketiga penyimpana memorinya lebih besar dan diletakkan diluar (eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil sehingga lebih menghemat ruang.



Komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC atau disebut chip. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC. Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
  • Menggunakan IC (Integrated Circuit) sebagai komponennya.
  • Pemrosesan lebih cepat dan kapasitas memori lebih besar.
  • Bentuk fisik lebih kecil dan harganya murah.
  • Peningkatan software.
  • Penggunaan listrik lebih hemat

4. Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/ chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya.



Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super. Ciri-ciri dari komputer generasi keempat adalah sebagai berikut :
  • Menggunakan LSI (Large Scale Integration)
  • Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan microprosessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk sebuah memori komputer.

5. Komputer Generasi Kelima
Generasi Komputer pada era ini masih bersifat imaginatif berupa ide atau gagasan, VLSI (Very Large Scale Integration) adalah komponen yang akan digunakan. Ide Desain pada komputer pada generasi ini akan akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, dan mampu berkomunikasi dengan manusia. Komputer generasi kelima memang belum terwujud karena komputer generasi ini merupakan komputer impian masa depan. Pembuatan bentuk komputer generasi kelima tentunya akan lebih kompleks.


Komputer generasi kelima ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam waktu bersamaan. Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang besar. Komputer impian ini diperkirakan akan mempunyai kepandaian tersendiri atau dapat membuat keputusan sendiri. Sifat luar biasa komputer ini disebut sebagai kecerdasan buatan.

Subscribe to receive free email updates: