Pengertian, Sejarah dan Jenis-jenis Virus Komputer


Pengertian Virus Komputer
Virus pada komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus juga adalah suatu program atau software yang dibuat dengan maksud untuk merusak atau mengganggu kinerja suatu komputer. Software seperti ini dapat merusak isi file, bahkan ada yang sampai merusak sistem operasi dan jaringan komputer dengan cara merusak berbagai data yang ada di dalamnya. Keberadaan virus pada suatu komputer sulit terdeteksi, kecuali kita telah memasang software anti-virusnya. Biasanya pemakai komputer baru menyadari komputernya telah tertular virus setelah terjadi kerusakah pada sistem komputer itu.


Penyebaran Virus
Virus dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya lewat berbagai media misalnya lewat floppy disk, flash disk, memmory card atau media lainnya. Virus juga dapat menyebarkan pada jaringan computer melalui e-mail dan situs internet yang buruk. Kebanyakan virus hanya merusak jenis file tertentu. Ketika file yang terinfeksi virus itu dibuka oleh computer, maka virus tadi akan menyebar ke file-file yang jenisnya sama, sehingga akan banyak file yang terinfeksi virus. Jika salah satu file yang terinfeksi virus itu dikirim ke computer lain, maka virus tadi akan menyebar pada komputer yang akan menerima file tadi.
Sejarah Virus Komputer
Sejarah Virus Komputer dimulai ketika John Von Neuman memiliki ide mengenai program yang bisa menduplikasi dirinya sendiri pada tahun 1949. Peristiwa ini menjadi cikal bakal berkembangnya program-program lain yang bersifat merusak komputer di masa depan. Virus yang menyebar secara global sendiri baru benar-benar tercipta pada tahun 1986 yang diberi nama “Brain”. Sejak saat itu, penyebaran Virus Komputer seperti baru memulai eranya dengan banyak bermunculannya jenis-jenis virus dari seluruh dunia.

Semakin berkembangnya teknologi membuat perkembangan virus komputer menjadi semakin canggih. Banyak virus mulai diciptakan sejak awal tahun 1990-an. Salah satunya adalah virus yang dikembangkan oleh Mark Washburn yang diberi nama virus Polymorphic. Lalu ada juga virus Michaelangelo yang dirilis bersamaan dengan tanggal kelahiran pelukis kenamaan asal Italia tersebut. Akibat yang bisa ditimbulkan oleh virus ini pun tidak tanggung-tanggung, yaitu bisa menghapus seluruh isi harddisk dalam komputer. Para pengguna komputer pun sempat dibuat cemas dengan banyaknya penyebaran virus berbahaya yang bisa mengganggu kinerja komputer mereka.

Munculnya Antivirus Pertama
Merajalelanya penyebaran virus komputer yang disebarkan melalui media seperti e-mail dan software bukannya tidak disadari oleh para pengembang dan perusahaan komputer. Sebuah antivirus didesain untuk mengembalikan registry atau script yang rusak dan berjalan tidak normal akibat diinfeksi virus agar menjadi normal kembali. Antivirus pertama yang tercatat dibuat untuk mengatasi segala serangan yang diakibatkan oleh virus dikembangkan di Jerman pada tahun 1990, oleh sebuah institut yang bernama EICAR. Namun sebelum itu pun tepatnya tahun 1989, IBM telah membuat program yang didesain untuk menangkal serangan virus Datacrime, yang sempat heboh pada tahun 1989.

Dengan bantuan dana yang lebih besar dan merger serta akuisisi dari beberapa perusahaan pembuat antivirus di dunia, menjadikan sebuah antivirus kini semakin berkembang jauh lebih baik. Variannya pun bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Perusahaan pembuat antivirus seperti NORMAN, SYMANTEC, dan Kaspersky pun semakin berkembang mengikuti perkembangan virus komputer yang dibuat semakin rumit dan kompleks.

Jenis-jenis Virus Komputer
Virus komputer menurut cara kerjanya dikelompokkan menjadi berbagai macam jenis sebagai berikut :
Worm, yaitu sebuah yang bisa menggandakan diri. Pada umumnya worm tidak meninfeksi virus, tetapi hal yang berbahaya yaitu kemampuan untuk melipatgandakan diri yang begitu cepat sehingga apabila komputer terserang dalam waktu yang cukup lama, bisa mengakibatkan kerapuhan pada sistem dikarenakan data dalam memori dan hardisk menjadi besar.
Trojan, yaitu jenis virus yang dibuat dengan tujuan untuk mengendalikan dan mencuri data yang ada didalam komputer. Pada dasarnya trojan bukan merupakan virus, tetapi karena sifatnya yang dianggap cukup mengganggu, maka orang-orang mengelompokkannya ke dalam golongan virus komputer yang perlu untuk diwaspadai.
Backdoor, jenis virus ini hampir menyerupai trojan, hanya saja yang membedakan, backdoor menyerupai file yang baik-baik saja seperti game.
Spyware, memantau dan memata- matai komputer yang telah terinfeksi.
Rogue, merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain. Rootkit, virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
Polymorpic Virus, adalah jenis virus yang menginifeksi file dengan ekstensi exe atau com, kemudian memindahkannya. Sehingga ketika file tersebut dipanggil untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan beraksi untuk menginfeksi sistem yang lain. Virus ini juga dapat berubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
Metamorphic Virus, yaitu virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
Virus ponsel, yaitu virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.
Memory Resident Virus, jenis virus yang menginfeksi RAM. Tentu saja lokasinya berada di dalam memori komputer. Virus ini akan aktif apabila sistem operasi dinyalakan. Dengan kode yang dimiliki, virus jenis ini akan mengganggu proses pamanggilan program yang seharusnya berjalan dengan normal. Efek yang ditimbulkan yaitu akan membuat sebuah sistem melambat.
Overwrite Virus, yaitu virus yang mempunyai kemampuan untuk menghapus file atau data yang terinfeksi tanpa mengubah ukuran file tersebut. Sehingga kita tidak akan merasa curiga tentang keberadaannya.

Virus-virus yang Sering Menyerang Para Pengguna Komputer/Laptop :
Virus Shortcut.exe - Virus yang bisa merubah ekstensi program atau file menjadi shortcut. Hal ini menyebabkan tidak dapat di aksesnya dokumen atau program yang ingin kita gunakan.
Virus: Trojan.LodearTrojan Horse - Virus ini menyerang apabila kita mendownload data dari internet.
Virus: W32.Beagle.CO@mm - Virus ini adalah virus yang mengirimkan email massal terhadap situs yang mempunyai tingkat keamanan rendah.
Virus: Backdoor.Zagaban - Virus trojan yang satu ini menginjeksi komputer tertentu untuk digunakan sebagai tempat berlindung untuk merusak network atau jaringan terkait.
Virus: W32/Netsky-P - Virus yang satu ini mampu menyebarkan email massal dengan sendirinya kepada alamat email yang diproduksi oleh suatu file pada PC / local drive.
Virus: W32/Mytob-GH - Virus ini penyebar pada email secara massal dan merupakan Trojan untuk IRC pada komputer berbasis Windows.
Virus: W32/Mytob-EX - Virus yang menyebarkan email massal dan Trojan IRC yang mirip dengam W32-mytob-gh.
Virus: W32/Mytob-AS, Mytob-BE, Mytob-C, dan Virus Mytob-ER - Ke Empat virus ini mempunyai karasteristik yang sama seperti Virus W32 Mytob-EX di atas.
Virus: Zafi-D - Merupakan virus pengirim email massal dan peer-to-peer yang membuat salinan sendiri kepada folder sistem windows dengan nama file nortonupdate. exe.
Virus: W32/Netsky-D - Virus ini mengirimkan serangan melalui IRC backdoor yang berfungsi juga menginfeksi komputer yang lemah.
Virus: W32/Zafi-B - Virus ini menyerang peer-to peer (P2P) dan email virus akan dicopy dengan sendirinya pada sistem folder windows yang akan diberi nama otomastis secara acak.
Virus Bagle.BC - Virus ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita.

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates: