Sejarah dan Perkembangan Mouse Komputer


Siapa yang tidak mengenal mouse (tetikus)? Alat yang satu ini adalah salah satu hal terpenting dari sebuah komputer ataupun laptop. Mouse komputer juga dapat mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer. Dengan kemudahannya tersebut, tidak terlepas dari sosok penemunya sendiri. Simak ulasannya berikut ini.

Mouse (tetikus) pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Dr. Douglas C. Engelbart lahir di Portland, Oregon, 30 Januari 1925 umur 87 tahun adalah seorang pionir di bidang interaksi antarmuka komputer yang mengembangkan konsep hiperteks serta menemukan Mouse (Tetikus) komputer. Engelbart menyelesaikan studi S1 di bidang teknik elektro di Oregon State University pada tahun 1948, program master dari UC Berkeley pada tahun 1953, dan Ph.D. dari UC Berkeley pada tahun 1955.

Dr. Douglas C. Engelbart

Mouse komputer pada tahun 1963 namun banyak juga yang mengatakan bahwa mouse sudah ditemukan ketika tahun 1957. Douglas merupakan seorang peneliti yang berasal dari Stanford Research institute. Lantas mengapa dinamakan 'mouse' komputer? itu dikarenakan ketika pertama kali menemukan mouse komputer, kabelnya sangat mirip dengan buntut atau ekor tikus yang panjang dan juga kecil, selain itu juga bentuknya juga menyerupai hewan pengerat tikus. Pada awalnya, laboratorium khusus bernama Augmentation Research Center (ARC) didirikan oleh Douglas Engelbart di tempat penelitiannya Stanford Research institute. Ide mengenai mouse komputer pertama kali muncul di otak Douglas saat ia hadir dalam konferensi Komputer Grafis. Saat itu kursor yang ada di layar komputer dianggap sebagai 'bug' sehingga bagaimana bisa 'bug' tersebut bisa dimanfaatkan.
Eksperimen terus dilakukan oleh Douglas dengan melakukan berbagai macam uji coba dengan menggunakan benda-benda yang awalnya berbahan dasar kayu dan hanya terdapat satu tombol namun belum sempurna kemudian di model selanjutnya, benda hasil eksperimennya sudah dilengkapi dengan tiga tombol dimana besi sebagai bahan dasrnya dan roda penggerak yang menggunakan alumunium. Akhirnya Mouse komputer temuan Doglas Engelbart berhasil diciptakan namun bentuknya masih mirip kotak dimana kabel panjang terhubung di belakang kotak tersebut, namun pada akhirnya kabel tersebut berada di depan mouse, ini merupakan model mouse komputer yang sekarang banyak digunakan. Perlu diketahui penamaan 'mouse' bukanlah Douglas Engelbart yang memberikannya tetapi para peneliti-peneliti di tempat Douglas engelbart bekerja.
Paten pun kemudian diajukan oleh Douglas engelbart atas benda temuannya ini pada tahun 1967, sekaligus ia mendemonstrasikan benda temuannya ini kepada publik dan memberikan nama benda temuannya ini dengan nama X-Y Poosition Indicator sampai pada akhirnya terkenal hingga saat ini. Benda hasil temuannya ini kemudian berhasil menarik orang-orang yang biasa disebut “the mother of all demos” dari Silicon valley. Kemudian pada akhirnya Xerox Palo Alto Research Center berhasil menyempurnakan mouse komputer temuan Douglas Engelbart yang kemudian penggunaanya secara komersil diubah oleh Apple dan juga Microsoft. Atas Jasa Dougolas Engelbart dalam dunia komputer kemudian ia dianugerahi penghargaan yaitu the National Medal of Technology yang diberikan oleh Presiden Bill Clinton.

Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci, bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Berikut ini bentuk-bentuk mouse komputer dari masa ke masa.
1. 1952 : Royal Canadian Navy memperkenalkan sebuah sistem penunjuk menggunakan trackball.

2. 1968 : Douglas Engelbart membuat mouse pertama yang terbuat dari kotak kayu dan 2 roda besi. Diperkenalkan pertamakali di sebuah konferensi di San Francisco.


3. 1972 : Bill English memperkenalkan sebuah sistem baru penunjuk menggunakan sebuah "ball mouse".


4. 1981 : Richard Lyon dan Steve Kirsch membuat sebuah mouse yang menggunakan cahaya LED untuk megarahkan kursor.


5. 1983 : Microsoft membuat mouse pertama-nya dengan nama "Green Eyed"


6. 1991 : Logitech membuat "MouseMan" dan ini adalah mouse nirkabel dengan menggunakan teknologi RF.


7. 1995 : Mouse menggunakan terobosan baru yaitu scroll whell. Pada tahun ini Apple juga memperkenalkan multibutton "Mighty Mouse".


8. 2006 : Logitech dan Gyration merilis desain dari "air mouse"


9. 2008 : Microsoft memperkenalkan teknologi BlueTrack.


10. Sekarang : Mouse dengan teknologi laser 3,5G - 5600 dpi (Gamers Only).

Subscribe to receive free email updates: