Jenis Jenis Mouse / Tetikus


Tetikus / mouse adalah salah satu perangkat pendukung dari komputer serta peranti penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus. Berikut adalah jenis jenis mouse yang dapat digunakan.

Baca Juga : Sejarah dan Perkembangan Mouse Komputer

Jenis mouse berdasarkan bentuknya:
1. Mouse Standar
Mouse standar adalah jenis mouse yang biasa kita gunakan. Mouse jenis ini bisa berupa mouse wireless ataupun kabel, dan juga bisa berupa mouse optic ataupun trackball dan juga bisa berupa mouse dengan port PS/2 ataupun Port USB. Mouse jenis ini banyak digunakan pada komputer Desktop (PC). Mouse jenis ini memiliki ukuran yang lumayan besar, kira-kira berukuran hampir sama panjangnya dengan tangan manusia, dan memang dibuat agar pas saat didekap dengan seluruh telapak tangan manusia.


2. Mouse Fancy
Mouse fancy sebenarnya bukan jenis mouse resmi, namun banyak ditemukan di toko komputer. Mouse ini biasanya memiliki bentuk-bentuk yang unik, bisa berbentuk seperti mobil, baju, dan sebagainya. Lebih tepatnya ini hanya mouse biasa yang didesain dengan karakter kartun supaya lebih menarik. Mouse ini bisa berkuran normal maupun kecil, kebanyakan menggunakan port USB dan banyak digunakan pada laptop dan notebook.


3. Mouse Mini
Mouse mini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada mouse standar. Mouse ini kebanyakan menggunakan konektivitas wireless dan ada juga yang menggunakan port USB sebagai konektornya. Selain itu, mouse ini juga menggunakan teknologi optic untuk inputnya, dan mudah untuk dibawa kemanapun dan juga praktis. Sehingga banyak digunakan untuk keperluan laptop dan komputer jinjing, seperti anak kuliahan maupun pelajar umum.



Jenis mouse komputer berdasarkan port / konektornya:
1. Mouse Serial
Jenis mouse serial ini dahulu banyak digunakan pada era komputer jaman dahulu, Yaitu pada era komputer Pentium 1 ataupun Pentium 3 yang berjenis AT. Bentuk konektor mouse ini berupa serial yang memiliki beberapa Pin pada ujung portnya.

2. Mouse PS2
Jenis mouse PS2 ini saat ini masih ada yang tetap menggunakan walaupun penggunanya terbilang tinggal sedikit saja, berhubung telah banyaknya mouse dengan tipe dan teknologi yang lebih baru. Dari segi bentuk konektornya, mouse PS2 mempunyai ciri khas pada ujung port penghubunya yang berwarna hijau, warna inilah yang digunakan untuk membedakan antara mouse dan keyboard yang biasanya menggunakan warna biru ataupun ungu.


3. Mouse USB
Mouse jenis USB ini hingga saat ini masih yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer, Karena Mouse USB sangat mendukung untuk digunakan pada komputer jaman sekarang. Dilihat dari bentuk konektornya, Mouse USB mempunyai ciri khas yang berbentuk USB pada konektor pada ujung kabelnya.


4. Mouse Nirkabel/Wireless
Teknologi terbaru dari mouse adalah di buatnya mouse dengan fitur Nirkabel/Wireless. Dengan adanya wireless maka penggunaan kabelpun berhasil dihilangkan, dan mouse bisa di gunakan dari jarak yang cukup berjauhan dengan komputer. Penggunaan mouse wireless sangat mudah, Anda tinggal colokkan wireless device ke port USB dan mouse andapun akan otomatis mendeteksi sinyal wireless tersebut.



Jenis mouse berdasarkan teknologi inputnya:
1. Mouse Trackball
Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. Xerox PARC juga mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan menggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja.


2. Mouse Optic
Selain mouse bola, saat ini banyak digunakan mouse optikal. Mouse optikal lebih unggul dari mouse bola karena lebih akurat dan perawatannya lebih mudah dibandingkan mouse bola. Mouse optikal tidak perlu dibersihkan, berbeda dengan mouse bola yang harus sering dibersihkan karena banyak debu yang menempel pada bolanya. Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse. Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus yang berwarna metalik bergaris-garis biru--abu abu. Mouse optikal saat ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata, kecuali permukaan yang memantulkan cahaya. Mouse optikal saat ini bekerja dengan menggunakan sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber penerangan untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak. Perubahan dari frame-frame gambar tersebut diterjemahkan oleh chip khusus menjadi posisi X dan Y yang kemudian dikirim ke komputer.



Jenis mouse berdasarkan fungsinya:
1. Mouse Standar
Mouse standar adalah jenis mouse yang biasa kita gunakan sehari-hari, tanpa adanya fitur tambahan. Hanya terdiri dari dua tombol dan juga satu tombol tambahan untuk melakukan scrolling dengan trackball. Biasanya digunakan untuk kegiatan ringan seperti browsing, mengetik, dan sebagainya.

2. Mouse Gaming
Mouse gaming didesain untuk keperluan gaming dan juga design yang membutuhkan presisi serta sensitivitas tinggi. Selain itu mouse jenis ini sangat nyaman untuk digenggam. Memiliki banyak tombol tambahan, seperti pengatur sensitivitas, tombol back dan next, tombol khusus untuk select, bahkan tombol keyboard numeric.


Baca Juga:




Subscribe to receive free email updates: