Sejarah dan Perkembangan Google


Dizaman modern sekarang ini, kebutuhan akan internet sudah tidak dapat terpisahkan lagi. Dengan adanya internet informasi apa saja dapat dengan mudah kita cari. Google adalah salah satu mesin pencari yang paling populer didunia. Google juga ternyata ditemukan secara tidak sengaja. Bagaimana sejarah dari Google dan siapakah pendirinya? Berikut ulasan lengkapnya.

Google lahir dari pertemuan dua orang pemuda yaitu Larry Page dan Sergey Brin yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995. Larry Page, alumnus Universitas Michigan, yang sedang berakhir pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seorang murid yang mendapat tugas mengantar keliling Larry Page. Dalam pertemuan tanpa sengaja tadi, Mereka sering terlibat perbedaan pendapat, dan diskusi panjang terjadi. Berikut biografi lengkapnya.

Lawrence Edward "Larry" Page (Larry Page) lahir di Lansing, Michigan pada 26 Maret 1973. Ayahnya Carl Page dan ibunya Gloria, adalah seorang profesor Ph.D. di bidang Komputer Sains di Michigan State University. Sejak 4 April 2011, ia menjabat sebagai Chief Executive Officer / CEO di Google Inc. menggantikan Eric Schmidt.

Larry Page

Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School. Page memperoleh gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan dengan pujian dan seorang lulusan Master dari Universitas Stanford.

Sergey Mikhailovich Brin (Sergey Brin) lahir di Moscow, Soviet Union, 21 Agustus 1973. Dia adalah seorang pengusaha Amerika. Ayahnya yang bernama Mikhail Brin dan ibunya Evgenia Brin adalah ahli matematika lulusan Moscow State University. Lahir di Rusia, Brin mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google dengan Larry Page. Brin adalah presiden teknologi pada Google dan mempunyai net worth perkiraan pada $ 18.7 miliar, yang membuatnya menjadi orang nomor 26 terkaya di dunia.

Sergey Brin

Ketika Brin berumur 6 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Di sana, Brin didaftarkan di sekolah dasar Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland. Ayahnya, yang juga seorang profesor di departemen matematika University of Maryland berperan besar mengembangkan ketertarikan Brin pada matematika. Pada bulan September 1990, setelah lulus dari Eleanor Roosevelt High School, Brin diterima di University of Maryland, College Park. Di sana ia mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika, dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Brin kemudian melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di Stanford University melalui beasiswa dari National Science Foundation. Ia menerima gelar masternya pada bulan Agustus 1995.
Google berawal dari proyek penelitian Larry Page dan Sergey Brin, mereka berdua merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. Pada awal 1996 mereka membuat sebuah sistem, sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs. Mereka mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu.

Mereka berdua memutuskan bahwa mesin pencarian BackRub memerlukan nama baru. Setelah bertukar pendapat, mereka akhirnya menggunakan nama Google, dari kata “googol” sebuah istilah matematika untuk bilangan yang direpresentasikan dengan angka 1 yang diikuti 100 nol. Penggunaan istilah itu mencerminkan misi Larry Page dan Sergey Brin untuk mengatur jumlah informasi di web yang tidak terbatas.

Larry dan Brin memutuskan untuk mencoba tesis "halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web relevan lainnya merupakan halaman-halaman yang paling relevan" mereka sebagai bagian dari studi mereka, ini menjadi dasar bagi mesin pencarian mereka.

Pada 7 September 1998 Larry Page dan Sergey Brin secara resmi membentuk perusahaan mereka yang mereka beri nama Google Inc. Tanggal 7 September menjadi hari jadi Google yang resmi bagi segelintir orang. Namun, Pada 15 September 1998, domain Google.com didaftarkan. Beberapa tahun setelahnya, tanggal 27 September selalu dianggap sebagai hari jadi Google yang resmi dan nampaknya akan terus demikian.

Setelah Google resmi diluncurkan, banyak orang yang memandang sebelah mata bahwa Larry Page dan Sergey Brin tidak akan bisa meraih sukses. Pada waktu itu, mesin pencari di internet belum banyak digunakan oleh para pengguna internet. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu, orang-orang semakin banyak yang menggunakan mesin pencari Google dan membuat Google menjadi mesin pencari nomor satu yang paling banyak digunakan orang. Selain mesin pencarian google merupakan penyedia fitur-fitur yang sangat populer dan menyaingi perusahaan teknologi lainnya. Sekarang perusahaan ini bertempat di Mountain View, California, yang lebih dikenal sebagai Googleplex.

Pada akhir tahun 1998, Google memiliki indeks dari sekitar 60 juta halaman. Halaman Rumah itu masih ditandai “BETA”, tapi sebuah artikel di Salon.com sudah berpendapat bahwa hasil pencarian Google lebih baik daripada pesaing seperti Hotbot atau Excite.com, dan memuji itu untuk menjadi lebih teknologi inovatif daripada overload situs portal (seperti Yahoo!, Excite.com, Lycos, Netscape Netcentre, AOL.com, Go.com dan MSN.com) yang pada saat itu, selama semakin dot-com bubble, dipandang sebagai “masa depan Web”, terutama oleh investor pasar saham.

Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci pencarian. Iklan-iklan berbasis teks mempertahankan uncluttered desain halaman dan untuk memaksimalkan kecepatan loading halaman. Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan klik-through, dengan penawaran dimulai pada $05 per klik.

Pada tahun 2006, Google membeli properti dari SGI sebesar $319 juta. Mesin pencari Google menarik pelanggan setia di antara meningkatnya jumlah pengguna internet yang menyukai desain sederhana.

Tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.

Pada awal 2006, perusahaan ini meluncurkan Google Video, yang tidak hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis, tetapi juga membolehkan pengguna dan penyebar media menyebarkan isinya, termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik. Bulan Agustus 2007, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan program penyewaan dan penjualan videonya dan menawarkan pengembalian uang dan kredit Google Checkout bagi pengguna yang telah membeli video untuk sendiri. Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat dan tampilannya minimalis.

Kini Google merupakan perusahaan teknologi raksasa di dunia. Salah satu fitur terpopulernya yaitu mesin pencariannya yang sudah sangat mendunia.

Artikel Lainnya :

Subscribe to receive free email updates: