Tokoh-tokoh yang Berperan Penting dalam Kemajuan Internet dan Teknologi

Teknologi dan internet kini menjadi kebutuhan setiap insan didunia. Kebutuhan akan internet membuat teknologi kini semakin berkembang pesat. Namun tahukan kita siapa-siapa saja yang memberi peran penting dalam perkembangan teknologi? Berikut tokoh-tokoh penting dalam kemajuan internet dan teknologi.


1. Ray Tomlinson : Bapak/Penemu Email
Ray Tomlinson adalah seorang programmer yang membuat kita bisa bertukar pesan antarmesin di lokasi yang berbeda, bahkan dari belahan dunia mana pun. Tomlinson yang memberi ide format simbol @ untuk alamat email. Sekarang ini, lebih dari satu milyar orang di seluruh dunia mengetikkan tanda @ setiap harinya.

2. Tim Berners-Lee : Penemu www
Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web. Ia menuliskan web client dan server pertama serta mendesain cara untuk membuat tautan, alias link atau hypertext . Sekarang dia menjadi direktur World Wide Web Consortium (W3C) yang berperan untuk menjaga standar web dan memperbaiki desainnya.

3. Michael Hart : Bapak eBook
Michael Hart adalah tokoh yang melahirkan eBook ppertama kalinya. Ia membuat Project Gutenberg, perpustakaan elektronik pertama di dunia. Koleksi yang ia sebarkan lewat situsnya adalah karya milik publik dan karya berhak cipta yang sudah mendapat izin.

4. Gary Thuerk : Spam Email yang Pertama
Spamming merupakan satu teknik marketing tua. Gary Thuerk mengirimkan satu email ke seluruh pelanggannya lewat Arpanet. Isi email tersebut mempromosikan sistem VAX T-Series yang baru. Namun saat itu dia tidak sadar kalau sedang mengirimkan spam pertama di dunia.

5. Scott Fahlman : Emoticon Pertama
Scott Fahlman adalah orang pertama yang mengirim pesan berisi emoticon pertama, yakni emoticon senyum berbasis ASCII. Emoticon ini ia pakai untuk membantu membedakan tulisan yang perlu dianggap lelucon dan tulisan yang lebih serius. Saat ini, semua orang menggunakan emoticon untuk chat dan email.

6. Vint Cerf dan Bob Kahn : Bapak Internet
Vint Cerf dan Bob Kahn menciptakan protokol komunikasi TCP/IP, bahasa yang digunakan oleh komputer untuk bisa saling mengirimkan informasi di dalam satu jaringan. Vint Cerf pernah berkata bahwa internet hanyalah cerminan dari masyarakat dan spam adalah efek samping dari layanan gratis.

7. Marc Andreessen : Netscape Navigator
Marc Andreessen merevolusi navigasi internet. Dia yang menciptakan browser web yang pertama kali banyak digunakan, yang ia sebut Mosaic. Browser ini kelak dikomersialisasi dengan nama Netscape Navigator. Marc Andreessen juga menjadi co-founder dan chairman Ning, perusahaan yang memberikan platform untuk situs social network. Dia juga menjadi investor di beberapa start up seperti Facebook, Groupon, Twitter, dan Zynga.

8. Jarkko Oikarimen : Internet Relay Chat, IRC
Pengguna internet tahun 90-an sampai awal 2000-an pasti kenal karya tokoh yang satu ini. Jarkko Oikarinen mengembangkan alat online chat real time yang pertama, yakni Internet Relay Chat. IRC menjadi terkenal pada tahun 1991, yakni saat Irak menyerang Kuwait. Pada saat itu sinyal radio dan TV mati. Lewat IRC-lah, informasi yang palig up-to-date bisa tersebar secara luas.

9. Robert Tappan Morris : Virus Worm yang Pertama
Konsep virus worm ini unik dibanding cara hacking yang konvensional. Virus worm bukan beredar di jaringan, namun meningirimkan program kecil yang sudah dia rumuskan kodenya untuk melakukan hal tersebut. Lewat konsep inilah, Robert Tappan Morris menciptakan Morris Worm. Virus ini menjadi virus worm pertama yang disebarkan ke internet, yakni pada tahun 1988. Untuk menghilangkan virus ini, tiap pemilik sistem perlu menghabiskan 200 sampai 53.000 dolar Amerika Serikat.

10. David Bohnett : GeoCities
David Bohnett, bersama John Rezner, mendirikan GeoCities pada tahun 1994. GeoCities tumbuh menjadi komunitas internet terbesar. Bohnett adalah pionir dari konsep menyediakan home page untuk semua orang secara gratis. Perusahaan ini tutup pada 27 Oktober 2009 dan meninggalkan 38 juta penggunanya.

11. Ward Cunningham : Wiki Pertama
Programmer Amerika, Ward Cunningham, mengembangkan wiki pertama untuk membuat orang-orang berkolaborasi dalam menciptakan dan mengedit halaman online. Cunningham menamainya wiki, dari bahasa Hawaii yang berarti cepat.

12. Sabeer Bhatia : Penemu Hotmail
Sabeer Bhatia mendirikan Hotmail, pelafalan dari HTML—bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. Bhatia menjadi terkenal saat dia menjual layanan email gratis, Hotmail, ke Microsoft sebesar 400 juta dolar Amerika Serikat pada tahun 1997. Dia mendapat penghargaan “Entrepreneur of the Year" oleh Draper Fisher Jurvertson pada tahun 1998 dan masuk daftar “People to Watch" majalah Times pada tahun 2002.

13. Matt Drudge : The Drudge Report
Matt Drudge mendirikan situs pengumpul berita, The Drudge Report. Situs ini mulai populer setelah menjadi yang pertama mengeluarkan berita skandal Monica Lewinsky.

14. Larry Page dan Sergey Brin : Penemu Google
Larry Page dan Sergey Brin mengubah cara kita mencari dan menggunakan internet. Page dan Brin mulai mendirikan Google dengan modalnya sendiri. Mulainya situs pencari ini dibuat untuk proyek riset di kampus mereka. Situs ini terus tumbuh sampai-sampai dana yang mereka miliki tak cukup untuk mengoperasikannya. Setelah itu mereka mendapat investasi privat yang dihubungkan oleh kampus mereka, Stanford. Sampai saat ini, Page, Brin, dan Google terus memprioritaskan engineering daripada bisnisnya.

15. Bill Gates : Penemu Microsoft
Bersama Paul Allen, Bill Gates mendirikan perusahaan piranti lunak bernama Micro-Soft, singkatan dari microcomputer software. Setelahnya, Bill Gates mengembangkan GUI (Graphic User Interface) baru untuk sistem operasi disk. Dia menyebutnya Windows. Dia punya misi yang sangat terkenal, “komputer di setiap meja kerja dan di setiap rumah."

16. Steve Jobs : Pendiri Apple
Steve Jobs telah merevolusi industri piranti keras dan lunak komputer. Pendiri Apple ini mengubah cara kita bekerja, bermain, dan berkomunikasi. Jobs membuat desain web lebih sederhana dan rapi serta berkelas.

17. David Filo dan Jerry Yang : Yahoo
David Filo dan Jerry Yang memulai Yahoo! untuk mengisi waktu luangnya. Keisengan mereka berevolusi menjadi perusahaan besar yang mengubah cara orang berkomunikasi, mencari, dan mengakses informasi serta membeli berbagai hal. Nama Yahoo! sendiri merupakan akronim dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle. Namun Filo dan Yang bersikeras bahwa mereka memilih nama itu karena suka akan definisi umum yahoo: “kasar dan tidak rumit."

18. Brad Fitzpatrick : LiveJournal
Brad Fitzpatrick menciptakan LiveJournal, salah satu platform blogging pertama. Ia dikenal di dunia internet dengan nama bradfitz. Dia juga membuat beberapa proyek software gratis, seperti memcached, yang digunakan di LiveJournal, Facebook, dan YouTube. Walau tidak terkenal di Indonesia, LiveJournal terus ada sampai sekarang menjadi komunitas online yang membuat orang-orang bisa berbagi via diari dan blog.

19. Shawn Fanning : Napster
Shawn Fanning mengembangkan Napster, program berbagi file yang dibuat agar fans musik bisa mencari dan bertukar musik. Pengguna memasukkan file-file yang mau mereka bagi ke direktori khusus di hard drive mereka. Pengguna layanan ini mencapai 25 juta pada tahun 2001, namun ditutup setelah ada beberapa tuntutan hukum.

20. Peter Thiel : Paypal
Peter Thiel adalah salah satu tokoh yang mengembangkan Paypal, layanan yang memungkinkan saling transfer uang antar pengguna dengan instan. Paypal memberikan developer akses terhadap kode yang ia punya sehingga mereka bisa bekerja dengan framework transaksi yang sangat rumit. Peter Thiel mendirikan Paypal pada usia 31 tahun dan menjualnya senilai 1,5 milyar dolar ke eBay 4 tahun kemudian.

Next >> Tokoh-tokoh yang Berperan Penting dalam Kemajuan Internet dan Teknologi (Bagian 2)

Subscribe to receive free email updates: