Leonard Kleinrock - Penemu Internet


Dizaman modern seperti sekarang ini, kehidupan kita serasa tidak dapat lepas dari internet. Internet kini sudah menjadi kebutuhan setiap orang, baik untuk berbisnis, mencari informasi, atau hanya sekedar eksis disosial media. Namun, tahukah kita dari mana asal internet dan siapa penemunya? Berikut ini akan saya ulas sang penemu internet yang berkontribusi besar dalam perkembangan teknologi seperti sekarang ini.

Leonard Kleinrock lahir di New York, Amerika Serikat pada 13 Juni 1934. Dia adalah seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai Bapak Internet.


Leonard Kleinrock lulus dari Bronx High School of Science pada tahun 1951 dan ia menerima gelar Sarjana Teknik elektro dan ilmu Komputer 1957 dari City College of New York. Pada tahun 1959 dan 1963, ia mendapatkan gelar master dan doktor (Ph.D.) di bidang teknik elektro dan ilmu komputer dari Institut Teknologi Massachusetts. Setelah menyelesaikan pendidikan ia kemudian bergabung dengan fakultas di Universitas California di Los Angeles (UCLA), Sekolah Teknik dan Sains Terapan dimana ia bekerja di sana sebagai profesor ilmu komputer.

 Baca Juga : Penemu Komputer - Charles Babbage

Leonard Kleinrock dikenal karena kontribusinya dalam dunia jaringan. Karyanya yang paling terkenal dan signifikan adalah teori pertukaran paket melalui makalahnya pada tahun 1959 dan pada tahun 1961 tentang pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi.

Pada tanggal 29 Oktober 1969 ia menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern yaitu Internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Leonard Kleinrock pun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital, dan membantu membangun ARPANET.

Pada tahun 1988, Kleinrock adalah ketua kelompok Jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS. Laporan ini sangat berpengaruh dan digunakan untuk mengembangkan Computing High Performance UU tahun 1991 yang berpengaruh dalam perkembangan Internet seperti yang dikenal saat ini. Pendanaan dari RUU itu digunakan dalam pengembangan browser web tahun 1993 Mosaic, di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Leonard Kleinrock telah menerima banyak penghargaan dan dipilih untuk menerima penghargaan bergengsi yaitu National of Science, sebuah kehormatan ilmiah bangsa, dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008 dan mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam memberikan kontribusi fundamental kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring.

Subscribe to receive free email updates: