Tokoh-tokoh yang Berperan Penting dalam Kemajuan Internet dan Teknologi (Bagian 2)


Tokoh-tokoh yang Berperan Penting dalam Kemajuan Internet dan Teknologi (Bagian 2)


21. Pierre Omidyar : Pendiri eBay
Pierre Omidyar mendirikan marketplace online yang merevolusi cara mengumpulkan pembeli dan penjual, eBay. Dia juga menjadi pionir dalam konsep mengukur kepercayaan dari pengguna anonim. Dalam membangun kerajaan lelangnya, Omidyar bergantung pada kekuatan individu. Kemampuan terbesar Omidyar ada pada melihat sifat manusia. Dia paham bahwa orang akan membeli apa saja. Sampah bagi satu orang, bisa jadi harta karun untuk orang lain.

22. Jimmy Wales : Wikipedia
Jimmy Wales mendirikan ensiklopedia terbesar di dunia, berisikan artikel-artikel yang bisa diedit dengan mudah oleh siapa pun. Wikipedia diluncurkan pada tahun 2001 dan kini menjadi referensi paling poluler di internet.
23. Stewart Butterfield dan Caterina Fake : Flickr
Situs berbagi foto sudah menjadi keseharian jutaan orang. Stewart Butterfield dan istrinya, Caterina Fake, menciptakan Flickr yang lahir dari game online yang berisikan semua hal yang orang ingin lakukan di internet. Flickr memiliki gagasan bahwa kamu tidak lagi punya album foto, yang ada adalah aliran foto. Pada tahun 2005, Flickr diakuisisi oleh Yahoo.

24. Jonathan Abrams : Friendster
Bersama Cris Emmanuel, Jonathan Abrams membangun Friendster untuk membantu orang orang bisa berkencan. Idenya diambil dari match.com. Friendster menjadi social network pertama yang menjadi populer. Anggotanya bisa membuat profil berisikan buku dan film favorit lalu dihubungkan dengan teman-temannya. Friendster ditutup sejak 14 Juni 2015.

25. Niklas Zennstrom : Skype
Niklas Zennstrom mendirikan tren komunikasi dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah, Skype. Layanan ini menawarkan software gratis untuk bisa menelepon ke seluruh dunia dengan kualitas yang bagus dengan menggunakan komputernya.

26. Bram Cohen: Bit Torrent
Kalau Napster menjadi file sharing generasi pertama, Bram Cohen mengubah wajah file sharing dengan mengembangkan BitTorrent, yang memiliki pertumbuhan pengguna yang sangat cepat. BitTorrent memiliki konsep: semakin cepat kamu mengunggah, semakin cepat pula kamu bisa mengunduh. BitTorrent memecah file menjadi bagian-bagian kecil. Begitu satu pengguna memiliki satu bagian, dia akan langsung mulai mengunggahnya agar bisa diunduh pengguna lain. Dengan BitTorrent, semua pengguna mengunggah dan mengunduh bagian file yang sama secara bersamaan.

27. Reid Hoffman : LinkedIn
Reid Hoffman, mantan wakil presiden Paypal, membuat LinkedIn untuk menjadi social network profesional. Dalam LinkedIn, pengguna bisa mendapat detail kontak orang-orang yang ia kenal dan percayai. Pengguna bisa mencari pekerjaan, menukarkan CV, dan mencari calon rekan kerja.

27. Matt Mullenweg : WordPress
Matt Mullenweg mendirikan WordPress, situs blogging open source yang paling banyak digunakan. Beberapa situs terkenal yang menggunakan wordpress adalah Techcrunch, Huffingtonpost, Mashable, dan masih banyak lagi.

28. Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim : Youtube
Ketiga orang ini pertama kali bertemu saat bekerja di PayPal. Setelah itu mereka mendirikan situs berbagi video paling populer di internet, YouTube. Saat ini YouTube menyiarkan lebih dari 100 juta video setiap harinya. Saat menciptakan YouTube, mereka membagi pekerjaan berdasarkan kemampuan yang mereka punya: Chad Hurley mendesain antarmuka dan logo situs. Steve Chen dan Jawed Karim membagi tugas teknikal dalam membuat situs bekerja. Setelah itu mereka membagi tugas manajemen berdasarkan minat dan kekuatan: Chad Hurley menjadi CEO, Streve Chen menjadi CTO. Satu setengah tahun setelah pertama dibuat, Google mengakuisisi YouTube dengan saham senilai 1,65 milyar dolar AS.

29. Craig Newmark : Craiglist
Craig Newmark membuat situs yang mengubah dunia periklanan bernama Craiglist. Situs ini ditakuti oleh surat kabar karne memberikan iklan gratis untuk semua orang. Craiglist dimulai dari daftar email teman-teman Newmark di Bay Area. Sejak saat itu, situs ini telah tumbuh menjadi database online untuk iklan dari berbagai topik, mulai dari perumahan sampai cari jodoh.

30. Julian Assange : Wikileaks
Julian Assange membuat situs yang mempublikasikan dokumen rahasia hasil curian. Assange merancang software canggih agar Wikileaks bisa menutupi identitas “maling" yang mencuri dokumen-dokumen ini lewat menghapus identitasnya sebelum menyebarkannya ke seluruh dunia. Sebagai hasilnya, tidak ada satu orang pun yang bisa melacak siapa dan kapan “maling" ini mengirimkan datanya. Situs ini mendeklarasikan dirinya sebagai Wikipedia tanpa sensor untuk pembocoran dan analisis dokumen yang tidak bisa dilacak.

31. Dick Costolo : FeedBurner
Sebelum ada FeedBurner, orang suka mengunjungi situs yang mereka sukai hanya untuk mencari tahu apa ada update terbaru. Dick Costolo membuat pengumpul berita yang secara otomatis mengunduh update. Sebuah RSS, Really Simple Syndication, mengirimkan update dari pemilik website ke komputermu. FeedBurner diakuisisi oleh Google pada tahun 2007.

32. Mark Zuckerberg : Facebook
Mark Zuckerberg membuat Facebook untuk membantu mahasiswa bisa tetap kontak dengan teman-temannya. Update status lahir di Facebook, satu fitur yang pengguna gunakan untuk memberi tahu orang lain apa yang sedang ia lakukan. Facebook juga memiliki fitur untuk pamer foto, unggah video, mengobrol, dan lain lain. Situs ini sekarang sudah memiliki 1,65 milyar pengguna.

33. Jack Dorsey : Twitter
Jack Dorsey membuat Twitter agar teman-teman dan keluarganya bisa tahu apa yang sedang ia lakukan. Media komunikasi dengna pertumbuhan tercepat ini memungkinkan pengguna membroadcast isi pikirannya lewat 140 karakter yang disebut tweet dan juga memposting ulang tweet orang lain lewat fitur Retweet. Sebelum ada twitter, tidak ada yang mengira kalau orang-orang mau mem follow orang asing, selebritis menggunakannya untuk memberi tahu aktivitasnya ke fans-fansnya, dan juga perusahaan akan menggunakannya untuk memberi update ke pelanggannya.

34. Christopher Poole : 4chan Message Board
Christopher Poole alias Moot memulai papan pengumuman 4chan agar orang-orang bebas untuk salah. Tidak seperti forum web lainnya 4chan tidak punya sistem registrasi, sehingga pengguna bisa memposting secara anonim. Moot percaya akan nilai dari identitas ganda, termasuk anonimitas. Ini tidak seperti situs social network lainnya yang menggabungkan identitas dunia nyata dan online.

35. Jeff Bezos : Amazon
Jeff Bezos mendirikan toko online terbesar di dunia, Amazon. Situs yang mulanya bernama Cadabra Inc. ini membuat orang-orang bisa belanja lebih cepat daripada pergi ke toko. Amazon juga membuat Kindle, gadget yang membuat kita bisa mengunduh buku dan membacanya langsung di alat tersebut.

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates: